(0274) 453-33-33 asshofajogja@yahoo.com

Wisata Budaya

Museum Sonobudoyo

Lokasinya terletak di sebelah utara Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Sonobudoyo masih berfungsi terus hingga saat ini, walaupun telah berganti-ganti pengelolanya. Sampai saat ini Museum Sonobudoyo memiliki 42.698 buah koleksi yang dibagi menjadi 10 kategori, antara lain: koleksi geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika dan heraldika, filologika, keramik, seni rupa, dan teknologika. Selain sebagai tempat untuk memamerkan benda-benda sejarah dan purbakala, Museum Negeri Sonobudoyo juga dilengkapi dengan dengan auditorium, laboratorium, preparasi, kantor dan perpustakaan dengan puluhan ribu judul buku, khususnya terbitan sebelum Perang Dunia II dalam berbagai bahasa.

Keraton Jogjakarta

Keraton merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berlokasi di pusat Kota Yogyakarta.  Kini keraton juga menjadi salah satu tujuan wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, gamelan dan peninggalan sejarah lainnya.

Taman Sari

Tamansari adalah sebuah tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi. Selain letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kraton Yogyakarta yang merupakan obyek wisata utama kota ini, Tamansari memiliki beberapa keistimewaan. Keistimewaan Tamansari antara lain terletak pada bangunannya sendiri yang relatif utuh dan terawat serta lingkungannya yang sangat mendukung keberadaannya sebagai obyek wisata.  Tamansari dahulunya adalah taman kerajaan atau pesanggrahan bagi  Sultan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan para keluarganya.  Selain berfungsi sebagai tempat tetirah maka disitu pula tempat bersemadi para Sultan pada jaman itu.  Keraton Yogyakarta mulai didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I, beberapa bulan pasca Perjanjian di tahun 1755.  Lokasi keraton ini konon adalah bekas sebuah pesanggarahan yang bernama Garjitawati.